Cara Memilih Tas Gunung yang Tepat dan sesuai

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ
Assalamualaikum, alhamdulillah segala apa yang di berikan Allah SWT patutnya kita terus syukuri. kali ini sayang ingin membahas betapa pentingnya sebuah tas carier untuk kepentingan pendakian maupun travelling. sebenarnya, kita sering mendengar ketika ada pertanyaan "tas gunung apa yang paling bagus buat mendaki"? jawabanya kebanyakan adalah tas yang sudah terkenal ada dari buatan luar negeri yaitu : deuter, vaude, karrimour, dll maupun dari lokal seperti eiger. padahal pada tidak benar sepenuhnya dan pula tidak salah. mengapa demikian ? coba deh kita analisa tas yang paling cocok buat kawan semua, jangan selalu bilang merek yang bagus itu sesuai dengan kita lho..

1. Jenis Tas

kebayang nggak ketika sebuah pendakian berpapasan dengan teman seperjalanan yang membawa tas jinjing khas kalau mau pergi belanja. saya pernah, dan memang sudah bisa di pastikan tas tersebut putus di tengah jalan. inilah yang menjadi penting, yaitu pilihlah tas sesuai dengan fungsinya. walaupun tas apapun sebenarnya dapat digunakan untuk traveling maupun pendakian, akan tetapi tas tersebut tidak di desain untuk ketahanan dalam membawa beban berat. merek apapun bisa di pakai asal nyaman dalam pemakaian, kuat dalam penggunaan, dan pastinya sesuai kebutuhan.
berikut adalah gambar dari sebuah forum yang menarik untuk di simak, beginilah tas  carier yang cocok untuk pendakian,

  • Faktor Keamanan
Keamanan untuk pendakian adalah suatu hal yang paling penting, sebuah tas harus di desain sedemikian rupa agar dapat menampung kebutuhan selama perjalanan, selama waktu tempuh yang di tentukan dan kuat dalam bahan. pasti aman untuk para pendaki. berikut adalah bagian-bagian tas yang penting dan menjadi pemilihan dalam menentukan tas pilihan.



  • Faktor Kenyamanan
Selain faktor keamanan, adalah faktor kenyamanan. faktor kenyamanan penting dalam pertimbangan pemilihan karena, selain aman tas tersebut harus nyaman di pakai. pernah mencoba tas TNI, benar sekali sangat tidak nyaman.. :D, nyaman dalam hal tas adalah dari bentuk, bahan, serta ergonomis atau fit dengan tubuh si pemakai. sehingga jangan pilih sembarangan. 
-Bentuk-
Dalam segi bentuk, menurut saya adalah berbentuk tabung tinggi ke atas, tidak besar ke samping maupun ke belakang, karena ini adalah masalah titik berat yang mengakibatkan keseimbangan tubuh saat mendaki. 
bentuk tas gunung ideal
-Bahan-
Bahan disini yang paling penting adalah bantalannya, terdapat 3 bantalan utama, yaitu bantalan punggung, bantalan pundak, dan bantalan pinggul serta sabuk pinggang. carilah bahan yang mudah menyerap keringat, seperti spon akan tetapi lebih padat, dan lebar area kontak dengan tubuh, ciri tas gunung yang baik adalah, empuk tapi tidak kempes jika di tekan, lebar. 
macam bantalan 
-fit dengan tubuh-
istilah jaman sekarang adalah ergonomis, yaitu bentuk benda yang menyesuaikan bentuk tubuh, disini saya membahas tentang pemilihan tas berdasarkan ukuran panjang tubuh kawan-kawan, atau namanya adalah panjang torso. panjang torso berguna menentukan posisi  bantalan pundak terhadap bantalan pinggul, pada manusia di ukur dari pertemuan ujung pundak tegak lurus dengan tulang leher sampai pertemuan tulang pinnggang tegak lurus dengan tulang pinggul bagian belakang, lihat gambar. bukan jaminan orang jangkung memiliki panjang torso jangkung pula, ataupun sebaliknya, baiknya di cek dulu :D
ukuran torso
tas yang bagus adalah memiliki sistem pengukuran panjang torso. sebelum saya tahu, saya hanya memilih, tas yang berkapasitas besar dan memiliki banyak tempat adalah yang terbaik, namun alangkah sia-sianya ketika membeli serasa tidak nyaman di pakai, walaupun tas tersebut di rekomendasi banyak pihak. mungkin salah satu penyebabnya adalah kesalahan dalam pemilihan tas karena tidak terlebih dahulu mengukur panjang torso tulang belakang kita. alangkah baiknya ukurlah panjang torso kawan dan tanyakan kepada penjual tas apakah sesuai. berikut contoh ukuran panjang torso
- tas dengan ukuran XS : dengan panjang torso 35 -  39
- tas dengan ukuran S : dengan panjang torso 40 - 44
- tas dengan ukuran M : dengan panjang torso 45 - 49
- tas dengan ukuran L : dengan panjang torso 50 -54
biasanya untuk ukuran indonesia panjang torso sekitar ukuran XS hingga M, type XS dan S biasanya ukuran perempuan indonesia, jarang sekali untuk ukuran L. setelah menemukan panjang torso, saatnya mengukur tas dan men setting sesuai panjang torso kita.
Setting torso pada tas
satu hal lagi faktor kenyamanan yang terlupa adalah :

-breathable-
tas yang di desain untuk menekan panas dan memberikan efek pendingin terhadap tubuh kita. tas ini biasanya memiliki ruang, tonjolan, atau lengkungan pada bagian punggung kita. sehingga panas yang keluar tidak terhalang oleh tas. untuk tas ini biasanya bertipe tas hiking dengan maksimal kapasitas 45 l saja, karena di peruntukan untuk kebutuhan hiking saja.
breathable

2. Sesuaikan kebutuhan pendakian

Selanjutnya adalah sesuaikan dengan kebutuhan pendakian, menurut pengalaman, mendaki selama 3 hari 2 malam cukup membawa maximal 40 - 45  l saja, untuk tiap orang, entah itu pendakian solo maupun beregu, jika terdapat kawan seperjalanan yang membawa kurang dari kapasitas tersebut, mau tidak mau, kita memberikan kapasitas yang lebih hingga 55 l. bisa di kalkulasi sendiri. jika untuk perjalanan yang membutuhkan waktu yang lama, maka perlu dipertimbangkan untuk kapasitas lebih besar, misalnya perjalanan ke gunung argopuro, total selama 5 hari berjalan tanpa henti. sebaiknya dipertimbangkan untuk kapasitas diatas 55l. namun ini hanya sebagai gambaran saja.

Tas apa yang menjadi pilihanmu ?? semoga bermanfaat

segala sumber foto saya akses di web bawah ini, dan isi dari blog adalah murni pengalaman pribadi. jika ada tambahan, nanti akan saya update. :D

0 komentar:

Posting Komentar